Sabtu, 16 Maret 2013

Beberapa Mitos Orang Tua Jaman Dulu

     "Kalo makan itu nasinya dihabisin, kalo nggak habis ntar nasinya nangis lho."

     Pernah nggak kalian denger kalimat seperti diatas? Atau mungkin dinasehatin pake kalimat kayak gitu sama orang tua atau kakek-nenek kalian?

     Kalo gue sih sering banget. Dari jaman gue masih ingusan dulu, sampe udah gede dan ganteng kayak sekarang, gue masih suka dinasehatin pake kalimat mitos kayak gitu. Waktu masih kecil sih gue percaya sama omongan kayak gitu, karena takut kualat. Tapi semakin gue tambah gede dan cara pikir gue juga makin luas, gue akhirnya tau maksud dari beberapa mitos tersebut. Dan setelah bertapa selama beberapa menit di gunung Semeru, akhirnya gue memutuskan untuk bikin postingan ini. So, let check it out, guys!



1. Jangan duduk di depan pintu, nanti seret jodoh

     Waktu gue lagi duduk-duduk-ganteng di depan pintu sambil mainan hape, tiba-tiba nenek gue yang abis dari warung dateng dan ngomong gini ke gue, "jangan duduk di depan pintu, nu. Nanti susah dapet jodoh."  Padahal dibalik mitos tersebut sebenarnya ada arti tersembunyi. Apa arti tersembunyinya? Yaitu gue ngehalangin jalan nenek gue, karena gue duduk pas ditengah-tengah jadi nenek gue nggak bisa masuk kedalam rumah. Akhirnya demi menghormati beliau dan takut kalo omongan beliau jadi kenyataan, gue pun segera pindah dari situ.

2. Kalo nyapu yang bersih, kalo enggak nanti suaminya brewokan
  
     Nah kalo ini seringnya sih cewek yang dinasehatin kayak gini. Bener nggak, girls? Dan maksud tersembunyi dari mitos ini, menurut gue adalah nanti kalo nggak bersih nggak enak diliat sama orang, nanti ujung-ujungnya tetep aja yang nerusin nyapu orang tua. Mungkin kalo mitos ini bener adanya berarti Ibu gue dulu pas masih muda kalo nyapu nggak pernah bersih. Soalnya dia nikah sama Ayah gue, yang notabene brewokan kayak Rhoma Irama. Dan itu berarti juga semua istri dari keluarga Ayah gue kalo nyapu nggak pernah bersih. Karena semua laki-laki dikeluarga Ayah gue itu brewokan, mulai dari Uwak gue sampe Paman gue yang paling bungsu.

3. Jangan makan brutu ayam, nanti jadi pelupa

     Waktu gue masih duduk dibangku sekolah, gue sering banget dapet omongan kayak gini dari orang tua gue. "A, anak sekolah itu nggak boleh makan brutu ayam. Nanti jadi pelupa sama susah nangkep pelajaran."  dan setelah ngomong kayak gitu, Ayah gue yang akhirnya makan brutu ayamnya. Awalnya sih gue percaya aja sama Ayah, tapi semakin kesini akhirnya gue nemuin fakta asli kenapa anak-anak nggak boleh makan brutu ayam. Apa faktanya? Logikanya gini, nanti kalo anak-anak juga makan brutu ayam, nah orang tua kebagian apanya? Udah makan paha, dada, sayap, eh mau makan brutu juga. Jadilah orang tua jaman dulu bikin mitos kayak gini. Menurut gue sih itu maksud aslinya.

4. Jangan mukulin meja warung, nanti didatengin orang gila

     Ceritanya gue lagi nungguin warung, karena bete iseng-iseng gue pun mukul meja yang ada didalem warung. Lagi asik mukul-mukul meja, tiba-tiba nenek gue masuk kedalam warung terus ngomong gini, "heh, jangan mukul-mukul meja, nanti didatengin sama orang gila." dan gue pun langsung berhenti mukulin meja itu. Entah darimana awalnya nenek gue bisa sampe tau kalo mukul-mukul meja warung itu bisa bikin kita didatengin orang gila. Menurut gue itu cuma alasan beliau aja, padahal aslinya sih biar jangan berisik. Iya, secara gue mukul-mukul mejanya sambil nyanyi teriak nggak jelas.

5. Jangan dudukin bantal, nanti pantatnya bisulan 

     Kalo ini sih mungkin kalian udah sering banget denger atau dinasehatin kayak gini, begitu juga gue. Seperti biasa awalnya gue percaya sama mitos ini. Secara gitu siapa coba yang mau pantatnya bisulan?! Mungkin cuma orang gila aja yang mau. Eh, nggak deng, orang gila juga belum tentu mau sih pantatnya bisulan. Nah kalo kita bedah pake logika, mitos ini maksudnya adalah karena bantal itu kan buat kepala, jadi nggak sopan kalo didudukin. Mungkin itu kali ya maksudnya.

6. Jangan dudukin talenan, nanti bisa ketusuk

     Kalo sama mitos yang ini gue setuju dan masih menurutinya sampe sekarang. Yaiyalah kalo gue masih ngeyel dan nggak mau dengerin mitos ini, bisa-bisa pantat gue bolong gara-gara ketusuk sama talenan yang buat marut kelapa.

     Kayaknya cukup segitu aja dulu tulisan gue tentang beberapa mitos orang tua jaman dulu beserta pembahasannya. Oh iya, mitos ini biasanya cuma ada di daerah Jawa aja, kalo di daerah lain gue nggak tau ada apa enggak. Dan buat kalian yang punya mitos lainnya boleh tulis di comment box, sekalian sharing sama yang lain.

     Salam gaul dari gue, warga negara yang maksa gaul.  ^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar